Pemberdayaan Perawat Mencegah Rehospitalisasi pada Balita dengan Pneumonia Melalui Pendekatan Astania (Asuhan Mandiri Keluarga dengan Balita Pneumonia)

Empowering Nurses to Prevent Rehospitalization in Toddlers with Pneumonia Through the Astania Approach (Family Self-Care for Toddlers with Pneumonia)

  • Nyimas Heny Purwati Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Awaliah Awaliah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Misparsih Misparsih Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Harif Fadhillah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Emy Purwani Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Sarini Sarini Mahasiswa Program Studi Magister Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Hayuni Amalia Mahasiswa Program Studi Sarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Keywords: peran perawat, pendidikan kesehatan, balita, pneumonia

Abstract

Pneumonia merupakan salah satu masalah kesehatan dan penyumbang terbesar penyebab kematian balita di dunia serta penyebab kematian balita pertama di Indonesia. kemiskinan dan rendahnya status pendidikan dan ekonomi menjadi salah satu faktor socio-determinant yang berkaitan dengan angka kesakitan dan kematian akibat pneumonia di Indonesia. Selain itu faktor lain yang berperan adalah rendahnya kesadaran masyarakat dan meningkatnya populasi di daerah kumuh (slum dwellers) serta sulitnya akses ke fasilitas kesehatan. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih (RSIJCP) merupakan RS tipe B dengan kapasitas 277 tempat tidur, memiliki satu ruang rawat anak yang terdiri dari 15 tempat tidur, dengan jumlah pasien dalam satu tahun terakhir 1.424 anak dan pneumonia merupakan 10 penyakit terbanyak pada balita yang dirawat dan 14 anak dengan pneumonia dengan angka kekambuhan 50%. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perawat dalam pemberian asuhan keperawatan pada balita dengan pneumonia melalui peran sebagai health educator dalam meningkatkan kemampuan keluarga merawat anak dengan pneumonia dan mencegah terjadinya rehospitalisasi/kekambuhan pada anak melalui penerapan model ASTANIA (Asuhan Mandiri Keluarga dengan Balita Pneumonia). Metode pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberdayaan perawat guna peningkatan kemampuan dalam melaksanakan peran sebagai health educator, dan pelatihan perawat tentang pneumonia dengan menggunakan media audiovisual. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan perawat sebelum dan setelah dilakukan pelatihan tentang pneumonia serta dihasilkannya media edukasi berbasis audiovisual dengan haki.

Published
2023-08-31