Penanganan Ispa Pada Balita Dengan Terapi Komplementer (Uap, Pijat dan Herbal) di Muara Lebak RW 10 Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor

Management of Acute Respiratory Infections in Toddlers with Complementary Therapies (Steam, Massage, and Herbal) in Muara Lebak RW 10, Pasir Jaya Subdistrict, West Bogor District, Bogor City

  • Hari Ghanesia Istiani Universitas Indonesia Maju
  • Baiq Laely Nurtika Universitas Indonesia Maju
  • Mariam Muliawati Universitas Indonesia Maju
Keywords: balita, ISPA, terapi komplementer

Abstract

Penyakit yang paling sering diderita oleh balita adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang berarti masuknya kuman ke dalam saluran pernapasan yang berlangsung sampai dengan 14 hari. Infeksi Saluran Pernapasan Akut merupakan salah satu diantara beberapa penyebab paling sering pada kematian anak-anak di negara berkembang Penggunaan Terapi Komplementer dan Terapi Pijat pada Balita dapat membantu untuk mengurangi dampak kejadian penyakit khususnya ISPA. Tujuan pengabdian masyarakat ini memberikan pengetahuan kepada orangtua tentang penanganan ISPA pada Balita serta terapi komplementernya di Muara Lebak RW 10 Kel. Pasir Jaya Kec. Bogor Barat Kota Bogor, sasaran dari kegiatan ini adalah ibu yang memiliki balita dan para kader. Metode yang dilakukan yaitu memberikan edukasi tentang penanganan ISPA dengan terapi komplementer kepada balita. Kegiatan ini dilakukan pada 02 Februari 2023 pada pukul 09.00-11.00 WIB. Hasil didapatkan bahwa tingkat pengetahuan peserta sebelum diberikan penyuluhan didominasi oleh kategori kurang yaitu presentase sebesar 54%, dan setelah dilakukan penyuluhan tentang Edukasi Penanganan ISPA dan Terapi Komplementer (UAP,Pijat,Herbal) Berdasarkan hasil setelah pelaksanaan edukasi didapatkan bahwa tingkat pengetahuan peserta meningkat, yaitu didominasi dengan kategori baik sebesar 68%. Saran dari hasil pengabdian masyarakat ini orang tua agar selalu memantau proses tumbuh kembang anak terutama pada sistem pernapasan, kemudian untuk perangkat desa kedepannya mempunyai program promosi kesehatan secara berkala bekerja sama dengan pihak puskesmas terkait program-program kesehatan pada balita khususnya.

References

World health organization. Investing to Overcome the Global Impact of Neglected Tropical Diseases. 2015.

Siska F. HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DI DALAM RUMAH DENGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK BALITA 0-5 TAHUN DI PUSKESMAS BUKIT SANGKAL PALEMBANG 2019. 2019;9(18):19–28.

Wong DL. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: . Buku Kedokteran EGC; 2011.

Langingi AR., Watung GIV. Pemberian Edukasi Bahaya ISPA Dan Pencegahannya Di Desa Poyowa Besar Dua Kecamatan Kotamobagu Selatan. Community Engagem Emerg J. 2020;1(2):77–82.

Rusnedy, R., Susanty, A., Octavia R., Sandi, N. H., Firmansyah, F., & Fernando F. Sosialisasi pencegahan dan pengendalian Infeksi Saluran Nafas Akut diWilayah XIII Koto Kampar. Pengabdi Kpd Masy. 2020;1(2):20–2.

Uzaimi, Achmad, Jack Febriand Abdel and RA. Konsep ISPA. 2015. 39–55 p.

Thota, Sai Manohar . Balan Venkatesh. ivaramakrishnan V. Natural products as home-based prophylactic and symptommanagement agents in the setting of COVID-19. Wiley. 2020;

Dessy, suswitha, Dewi Rury Arindari lela aini. PEMANFAATAN JAHE MADU TERAPI KOMPLEMENTER PADA PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) DI DESA BANGUN SARI KECAMATAN TANJUNG LAGO. J Kreat Pengabdi Kpd Masy. 2022;5(7).

Lufthiani, Cholina Trisa Siregar, Evi Karota, Siti Zahara Nasution, Reni Asmara Ariga. Peran Kelompok Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Pencegahan ISPA Pada Balita Dengan Pemanfaatan Terapi Komplementer Dan Terapi Pijat Di Kelurahan Medan Sunggal. Talent Conf Ser Local Wisdom, Soc Arts. 2021;4(1).

Chaizuran, Meutia, Isni H. Penyuluhan Pengobatan Tradisional ISPAPada Balita diGampong Bireuen Meunasah ReuleutProvinsi Aceh. Mandala Pengabdi Masy. 2023;4(1).

Rudi A. Buku Ajar Analisis Data Penelitian Kesehatan. Sintang:CV.Wiyata Bhakti; 2015.

Ratnaningsih, Ester, Ivana Benggu N. Terapi Komplementer Dalam Mengatasi Ispa Pada Ibu. J Ilm Ilmu Kebidanan dan Kesehat Vol. 2020;11(2):8–18.

Sigit N. Optimalisasi peran kader kesehatan dalam upaya penurunan jumlah penderita ISPA di era pandemi COVID-19. J Abdimasa. 2021;4(2):14–7. Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta; 2014.

Purwandari, Ariyana G. Pengaruh penyuluhan tentang infeksi saluran pernafasan atas (ispa) terhadap pengetahuan ibu dalam penanganan pertama ispa pada balita. 2012.

Published
2023-12-30