Pelatihan Implementasi Komunikasi Efektif plus Pemasaran Sosial 7P (KEPPS 7P) dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Setia Mitra Jakarta Selatan

Training on the Implementation of Effective Communication plus Social Marketing 7P (KEPPS 7P) in Healthcare Services at Setia Mitra Hospital, South Jakarta

  • Rindu Rindu Universitas Indonesia Maju, Indonesia
  • Astrid Novita Universitas Indonesia Maju, Indonesia
  • Sancka Stella Ganiasnda Sihura Universitas Indonesia Maju, Indonesia
  • Lazuardi GP Universitas Indonesia Maju, Indonesia
  • Reni Reni Universitas Indonesia Maju, Indonesia
Keywords: komunikasi efektif, pemasaran sosial, rumah sakit

Abstract

Komunikasi efektif dan efisien dalam layanan kesehatan memiliki peran yang vital bagi keselamatan pasien. Tidak hanya dalam menyampaikan informasi pelayanan yang tersedia namun juga saat harus memberikan kabar kurang menyenangkan. Hal ini berdampak pada penurunan kualitas mutu pelayanan rumah sakit sehingga perlu adanya patient care yang optimal yang akan berdampak pada kepuasan pasien. Didalam mewujudkan komunikasi efektif di rumah sakit, setiap staf perlu mengimplementasikan konsep bauran pemasaran 7P yang memiliki 7 elemen yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process serta physical evidence. Berdasar 7 elemen tersebut maka para staf rumah sakit diharapkan bisa mengimplementasikan komunikasi efektif di setiap unit mereka. Pengabdian kepada masyarakat ini bekerjasama dengan Rumah Sakit Setia Mitra Jakarta Selatan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah diharapkan dapat meningkatkan kompetensi yaitu mampu menjelaskan Teknik Komunikasi, mampu menerapkan Etika Dalam Penampilan Kerja, mampu menerapkan Etika Komunikasi, mampu melaksanakan Manajemen Konfik, mampu melaksanakan Penanganan Komplain, mampu melaksanakan Komunikasi Efektif dan Komunikasi SBAR, serta mampu menerapkan bauran pemasaran 7P. Pengabdian masyarakat berupa pelatihan komunikasi efektif dan pemasaran sosial 7P menunjukkan hasil yang efektif dimana terdapat nilai perbedaan mean 1,08 menunjukkan terdapat selisih rata-rata nilai pengetahuan sebelum (15.81) dan sesudah (16.89) dimana tujuan daripada edukasi dan pelatihan sudah tercapai, yakni perubahan pengetahuan, sikap dan tingkah laku individu, keluarga, kelompok khusus, dan masyarakat.

Published
2023-12-30