Stimulasi dan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Secara Mandiri

Stimulation and Independent Monitoring of Child Growth and Development

  • Irma Jayatmi Universitas Indonesia Maju
  • Faraditha Dwi Lestari Universitas Indonesia Maju
  • Resy Susanti Universitas Indonesia Maju
  • Afina Askasaffanah Universitas Indonesia Maju
  • Siti Mulyanah Universitas Indonesia Maju
  • Indah Puspitasari Universitas Indonesia Maju
  • Ade Rita Kurnia Universitas Indonesia Maju
  • Hani Maria Universitas Indonesia Maju
  • Sri Yuliasih Universitas Indonesia Maju
  • Wanda Nur’alfiana Universitas Indonesia Maju
Keywords: stimulasi, tumbuh kembang, anak

Abstract

Gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak di Provinsi Banten pada tahun 2020 berdasarkan hasil pelayanan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) yaitu sebesar 11,9 % Di Kabupaten Pandeglang didapatkan data anak yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan yaitu sekitar 8 %. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk webinar dengan tema “Stimulasi Dan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Secara Mandiri”. Kegiatan ini penting dilaksanakan dengan tujuan sebagai saling sharing antara akademisi perguruan tinggi dan para orang tua  untuk dapat meningkatkan pengetahuan mengenai  stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang dan gangguan wicara pada anak serta mengembangkan dan menemukan pembelajaran mengenai stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang dan gangguan wicara pada anak. Kegiatan webinar ini telah dilaksanakan tanggal 23 Agustus 2023 dengan sasaran orang tua yang mempunyai balita sejumlah 59 orang.  Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan teknik ceramah, diskusi dan tanya jawab secara online melalui zoom. Setelah mengikuti webinar ini peserta mendapatkan update ilmu yang dapat dipalikasikan dan e-materi. Webinar ini diharapkan dapat menambah ilmu dan sebagai media pembelajaran bagi para ibu dan tenaga kesehatan khususnya bidan untuk mendeteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak dan para orang tua cukup penting untuk memiliki pengetahuan yang baik agar memeriksakan pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

References

Mertajaya IM, MRL A, Anggraini Y. Modul Perawat Kesehatan Masyarakat. Modul Perawat Kesehat Masy. 2019;V:23.

Gurnida DA, Gamayani U, Sukandar H. Nutrition care and stimulation with growth and development toddlers ages 12− 36 Months. Glob Med Heal Commun. 2018;6(38):12–20.

Asthiningsih NWW, Muflihatin SK. Deteksi dini perkembangan balita dengan metode DDST II di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. J Endur Kaji Ilm Probl Kesehat. 2018;3(2):367–74.

Hendrawati S, Mardhiyah A, Mediani H, Nurhidayah I, Mardiah W, Adistie F, et al. Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) pada Anak Usia 0 –6 Tahun di Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Media Karya Kesehat. 2018 Aug;1. 5. Adriana D. Tumbuh kembang dan terapi pada anak. 2017;

Hartanto WS. Deteksi keterlambatan bicara dan bahasa pada anak. Cermin Dunia Kedokt. 2018;45(7):545–9.

Masitoh M. Gangguan Bahasa dalam Perkembangan Bicara Anak.Edukasi Ling Sastra. 2019;17(1):40–54.

Banten D. Profil Kesehatan Provinsi Banten. Dinas Kesehat Provinsi Banten. 2020;

Lopiyanah L, Anggraini H, Amalia R. Hubungan Pendidikan, Pola Asuh Orang Tua dan Status Gizi dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di Paud Wilayah Pemulutan Selatan Tahun 2021. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2022;22(2):687–91.

Depkes RI. Kesehatan Keluarga. 2018;

Jayatmi I, Herliana I. Hubungan Peran Orang Tua dan Pola Asuh Makan terhadap Perkembangan Balita. J Ilm Kebidanan Indones. 2018;8(01):1–7.

Isna A. Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal J Kaji Perkemb Anak Dan Manaj Pendidik Usia Dini. 2019;2(1):62–9.

Sumaryanti L. Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib Stud Kependidikan dan Keislam. 2017;7(01):72–89.

Nilawati E, Suryana D. Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. Mhs Pascasarj Pendidik Anak Usia Dini Univ Negeri Padang. 2018;1–8.

Taseman T, Safaruddin S, Erfansyah NF, Purwani WA, Femenia FF. Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED J Early Child Educ Dev. 2020;2(1):13–26.

Published
2023-12-30