Aksi Edukasi Laktasi: Pemanfaatan Laktagoga Pada Ibu Nifas Untuk Meningkatkan Keberhasilan Menyusui Melalui Penyuluhan Dan Bimbingan Konselor Asi

Lactation Education Action: Utilization of Laktagoga for Postpartum Mothers to Improve Breastfeeding Success Through Counseling and Breastfeeding Counselor Guidance

  • Linda Rofiasari Universitas Bhakti Kencana
  • Intan Yusita Universitas Bhakti Kencana
  • Tika Lubis Universitas Bhakti Kencana
  • Supriyatni Supriyatni Universitas Bhakti Kencana
  • Agustina Agustina Universitas Bhakti Kencana
Keywords: ASI, laktagoga, menyusui, nifas, konselor

Abstract

Menyusui merupakan proses bounding antara ibu dengan bayi dimana ibu memberikan asupan makanan kepada bayi berupa cairan tubuh yang disebut Air Susu Ibu (ASI). Masa menyusui membutuhkan komposisi nutrisi yang beragam dan kompleks untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi sejak lahir. Namun tidak semua ibu memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. Salah satu penyebabnya adalah pengeluaran ASI yang sedikit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan edukasi laktasi pada lapisan masyarakat. Edukasi laktasi dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu : penyuluhan, pelatihan, konseling, konsultasi dan melalui media. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu sebagai sarana belajar bersama tentang meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu mengenai pentingnya ASI, bagaimana cara meningkatkan produksi ASI melalui pendekatan penyuluhan, demontrasi dan konselor dengan memanfaatkan bahan alami. Berdasarkan hasil pengolahan data, sebelum penyuluhan sangat sedikit yang berpengetahuan baik (3,1%), namun sesudah penyuluhan hampir seluruh ibu balita mengalami peningkatan pengetahuan tentang kanker payudara dan deteksi dini sebanyak  95.2%. setelah diberikan penyuluhan dan demonstrasi diharapkan ibu nifas dapat mempraktikannya dirumah sehingga membantu dalam keberhasilan pemberian asi ekslufsif.

References

Roesli U, Yohmi E. Manajemen Laktasi. Jakarta: IDAI; 2013.

Saryaman R, Girsang E. Proses laktasi dan menyusui. STikes Wijaya Husada Bogor. 2020. 1–75 p.

Lestari RR. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Ekslusif pada Ibu. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2018;2(1):130.

Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia 2021. BPS, editor. Indonesia: Badan pusat statistik; 2021. 1–758 p. Pollard M. Breastfeeding Evidence-based care. Jakarta: EGC; 2016.

Kwartiningsih E, Ramadhani AN, Putri NGA, Damara VCJ. Chlorophyll extraction methods review and chlorophyll stability of katuk leaves (Sauropus androgynous). In: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing; 2021. p. 12015.

Nataria D, Oktiarini S. Increased Production Of Breast Milk With The Papaya Fruit Consumption. J Kesehat. 2018;9(1):1–4.

Wardhani RK, Dinastiti ViB, Fauziyah N. Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Asi Eksklusif. J Community Engagem Heal. 2021;4(1):149–54.

Lumbantoruan M. Hubungan Karakteristik Ibu Menyusui dengan Pemberian Asi Eksklusif pada Bayi di Desa Bangun Rejo Dusun 1 Kecamatan Tanjung Morawa Tahun 2018. J Matern dan Neonatal. 2018;3(1):13–22.

Rachmaniah N, Ichsan B, Niriawati DD. Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang ASI dengan tindakan ASI Eksklusif. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2014.

ROCHANA S. Pengaruh Pemberian Edukasi tentang Laktasi terhadap Self Efficacy Ibu Menyusui pada Ibu Primipara. Universitas Gadjah Mada; 2015.

Rejeki H, Rofiqoh S, Pratiwi YS. Paket Edukasi Sayang Ibu Dan Pengaruhnya Terhadap Pemberian Asi Ekslusif Di Kabupaten Pekalongan. J Ilm Kesehat. 2019;12(1).

Untari J. Hubungan antara karakteristik ibu dengan pemberian asi eksklusif di wilayah kerja puskesmas Minggir Kabupaten Sleman. In: Jurnal formil (forum ilmiah) kesmas respati. 2017.

Hartatik, Subari, Munawwaroh FF, Haroen H, Rahayu SH. Kompetensi Konselor Sebaya Bagi Remaja Berbasis Keagamaan. Asas Wa Tandhim J Hukum, Pendidik Dan Sos Keagamaan. 2022;1(1):1–16.

Jannah LARM. Faktor-faktor Yang berhubungan dengan pegetahuan Ibu Nifas terhadap pemberian Asi Awal (Kolostrum) Di Puskesmas Jati Bening Baru Kota Bekasi Tahun 2021. J Ilm Penelit Kebidanan Dan Kesehat Reproduksi. 2023;6(1):19–29.

Glanz K, Rimer B k., Viswanath K. Health Behavior and Health Education: Theory, Research, and Practice. 4th ed. Orleans F by CT, editor. Jossey-Bass A Willey Imprint; 2008.

Astuti IAD, Sumarni RA, Saraswati DL. Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. J Penelit Pengemb Pendidik Fis. 2017;3(1):57–62.

Amareta DI, Ardianto ET. Penyuluhan kesehatan dengan metode emo demo efektif meningkatkan praktik CTPS di MI Al-Badri Kalisat Kabupaten Jember. Prosiding. 2017;

Notoatmodjo. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta; 2012.

Marfuah D, Kurniawati I. Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang MP-ASI dengan edukasi gizi melalui booklet. URECOL. 2017;273–80.

Suryaningsih C. Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu post partum tentang ASI Eksklusif. J Keperawatan Soedirman. 2013;8(2).

Published
2023-12-30