Promosi Kesehatan Hipertensi Di Desa Kutamukti Kecamatan Kutawakuya

Hypertension Health Promotion in Kutamukti Village, Kutawakuya District

  • Nina Nina STIKES Indonesia Maju
  • Astrid Novita STIKES Indonesia Maju
Keywords: promosi, hipertensi, pengetahuan, gula darah

Abstract

Pengabdian dilaksanakan di lingkungan Posyandu Wilayah Kerja Kesehatan Hipertensi Di Desa Kutamukti Kecamatan Kutawakuya. Hasil dari penyuluhan tersebut adalah Pukesmas Kutamukti Kelurahan Kutakarya, Kecamatan Kutawaluya. Pengabdian ini mengambil Judul Penyuluhan Promosi menunjukkan bahwa masyarakat di Desa Kutamukti Kecamatan Kutawakuya Tingkat pengetahuan masyrakat mengenai hipertensi sebelum kegiatan ialah sebesar 78% dan naik menjadi 98% setelah pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil pemeriksaan tekanan darah, 51% (23 orang) mengalami masalah kesehatan tekanan darah tinggi, atau hipertensi. sisanya, sebesar 31% (14 orang) bertekanan darah normal dan 18% lainnya (8 orang) bertekanan darah rendah. Berdasarkan hasil pemeriksaan gula darah sewaktu, 9% (4 orang) mengalami masalah kesehatan gula darah tinggi sedangkan 91% (41 orang) memiliki kondisi gula darah yang normal. Berdasarkan hasil pemeriksaan asam urat 40% (18 orang) mengalami masalah kesehatan asam urat tinggi sedangkan 60% (27 orang) memiliki kondisi gula darah yang normal. Dari evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan maka kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan Hipertensi dan perlu adanya rencana tindak lanjut dari kegiatan ini.

References

Dewi Sofia dan Digi Famalia. 2010. Hidup Bahagia Dengan Hipertensi. Jogjakarta: A Plus Books.

Russel, Dorothy M. 2011. Bebas dari 6 Penyakit Paling Mematikan. Yogyakarta: MedPress.

Wahdah Nurul. 2011. Menaklukan Hipertensi dan Diabetes. Yogyakarta: Multi Press.

Bakri Maria. H. 2017. Manajemen Keperawatan Konsep dan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Harus, B. D. (2015) ‘Pengetahuan Perawat tentang Keselamatan Pasien dengan Pelaksanaan Prosedur Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KPRS) Di Rumah Sakit Panti aluya Sawahan Malang’, Jurnal CARE, 3(1), pp. 25–32. doi: 10.3975/cagsb.2015.05.08.

Joint Commission International (2016) ‘International Patient Safety Goals (IPSG)’, pp. 1–10.

Manulung. M. 2015. Dasar-Dasar Manajemen. Gajah Mada Unversity Press. Yogyakarta.

Marjani, F. (2015) ‘Pengaruh Dokumentasi Timbang Terima Pasien dengan Metode SBAR terhadap Insiden Keselamatan Pasien di Ruang Medikal Bedah RS. Panti Waluyo Surakarta’, Stikes Kusuma Husada Surakarta, pp. 1–63.

Mulyati, L., Rachman, D. and Herdiana, Y. (2016) ‘Fakor determinan yang mepengaruhi budaya keselamatan pasien di RS pemerintah Kabupaten Kuningan’, Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 4(2), pp. 179–190.

Muhith Abdul & Sandu Siyoto. 2018. Aplikasi komunikasi Terapeutik Nursing & Helath. ANDI (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Muchlis Purba, I., Novieastari, E.and Perawat, P. (2016) PENGETAHUAN PERAWAT PADA PASIEN RESIKO JATUH &quot’;, pp. 1–10.

Oktafia, D. (2015) ‘Hubungan supervisi dan motivasi kepala ruangan dengan identifikasi pasien dalam penerapan patient safety oleh perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sinar Padang’.

Oktaviani, H.,... D. S.-J. and 2015, undefined (no date) ‘Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional Pencegahan Risiko Jatuh Pasien Di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta’, Digilib.Stikeskusumahusada.Ac.Id.

Prabowo Tri. 2017. Komunikasi dalam Keperawatan. Pustaa Baru Press. Yogyakarta.

Panesar Sukmeet. S, Andrew Carson-stevens dkk. 2017. Keselamatan Pasien Dan Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan. Erlangga. Jakarta. 16.Ruben. Brent. D & Stewart. P Lea. 2014. Komunikasi dan Perilaku Manusia. PT. Rajagrafindo Persada. Depok.

Sugeng Budiono,Arief Alamsyah, T. W. (2013) ‘Pelaksanaan Program Manajemen Pasien dengan Risiko Jatuh di Rumah Sakit The Implementation of Patient Fall Risk Management. Tesis pasca sarjana program studi megister rumah sakit fakultas kedokteran Brawijaya, Malang’, Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(1), pp. 78–83.

Triwibowo Cecep. 2013. Manajemen Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit. CV. Trans Media. Jakarta.

Published
2020-04-30