Intervensi Keperawatan Anak Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Kecamatan Weleri Dalam Upaya Pencapaian Tumbuh Kembang

  • Andriyani Mustika Nurwijayanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Muhammad Khabib Burhanuddin Iqomh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
Keywords: perkembangan psikososial, stimulus motorik halus, usia pra sekolah

Abstract

Usia pra sekolah merupatan tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada anak yang sangat penting. Stimulasi
memiliki peran penting dalam keberhasilan pencapaian tumbuh kembang. Stimulasi motorik halus adalah salah
satu stimulasi yang dapat diberikan kepada anak usia pra sekolah untuk mencapai  perkembangan psikososial.
Desain penelitian menggunakan Quasy Experimental dengan pre post test without control group.jumlah sampel
211 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Penggumpulan data penelitian menggunakan
kuesioner perkembangan psikososial. Usia responden berkisar 4-6 tahun, terdapat 117 responden (55,5%) laki laki
dan 94 responden (44,5%). Perkembangan psikososial pre intervensi yang sesuai usia sebanyak 6 responden
(2,8%) dan yang tidak sesuai usia sebanyak 205 (97,2%). Perkembangan psikososial post intervensi yang sesuai
usia sebanyak 142 responden (67,3 %) dan yang tidak sesuai sebanyak 69 (32,7 %) Hasil uji analisa statistik
dengan menggunakan uji Wilcoxon, mendapat p value 0,000 (p< 0,05) terdapat pengaruh stimulus motorik halus
terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di TK ABA.  Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan
perkembangan psikososial anak usia sekolah setelah diberikan stimulasi motorik halus. 

Published
2018-09-27