Pengetahuan dan Sikap Perawat tentang Perawatan Paliatif di Rumah Sakit

Knowledge and Attitudes of Nurses about Palliative Care in Hospitals

  • Ernawati Siagian Universitas Advent Indonesia
  • Morri Perangin-angin Universitas Advent Indonesia
Keywords: Palliative Care, Knowledges, Attitudes

Abstract

Pendahuluan : Perawatan paliatif dibutuhkan oleh pasien dengan penyakit terminal, di mana pelayanan kuratif tidak dimungkinkan lagi bagi pasien. Namun belum semua rumah sakit di Indonesia memiliki fasilitas perawatan paliatif serta kurangnya pengetahuan perawat mengenai paliatif.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap perawat terhadap perawatan paliatif, serta mencari tahu apakah terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap perawat terhadap perawatan paliatif.

Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan menggunakan tehnik sampel convinience yang berjumlah 120 responden yang bekerja di rumah sakit swasta di Bandar Lampung.Untuk mengukur tingkat pengetahuan digunakan kuesioner The Palliative Care Quiz for Nursing (PCQN), sedangkan untuk mengukur sikap digunakan kuesioner Frommelt’s Attitude Toward Care of the Dying (FATCOD) scale.

Hasil : Hasil menunjukan bahwa tingkat pengetahuan perawat terhadap perawatan paliatif dalam kategori rendah (99,17%), sedangkan sikap perawat terhadap perawatan paliatif dalam kategori sedang (70,83%). Hasil uji  Spearman rho menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap perawat dengan  nilai p value  0,011< 0,05.Tingkat pengetahuan perawat dalam kategori rendah dan sikap perawat dalam kategori sedang. Nilai korelasi yang didapatkan r = 0,230 berarti ada hubungan yang searah dengan tingkat keeratan yang sangat lemah.

Kesimpulan : Peningkatan pengetahuan tentang perawatan paliatif sangat penting untuk mengkaji masalah dan kebutuhan pasien dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pasien.diharapkan dengan meningkatnya pengetahuan akan berpengaruh terhadap sikap perawat dalam pelayanan paliatif.

 

Published
2020-09-08