Pengetahuan dan Sikap Keluarga Dengan Pencegahan Penularan Penyakit Tuberculosis (TBC) Di Wilayah Kerja Puskesmas Penana’e Kota Bima

Knowledge and Attitudes of Families with Prevention of Transmission of Tuberculosis (TBC) in the Work Area of ​​Puskesmas Penana'e, Bima City

  • Dewi Andriani STIKes Mataram
  • Sukardin Sukardin STIKes Mataram
Keywords: Family knowledge, family attitudes, prevention of transmission, pulmonary tuberculosis

Abstract

Pendahuluan : TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis, yang paling umum mempengaruhi paru–paru. Sumber penularan adalah penderita Tuberkulosis BTA positif, pada waktu batuk atau bersin, penderita menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk percikan dahak (Droplet Nuclei). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap keluarga dengan pencegahan penularan TB paru di wilayah kerja  Puskesmas Penana’e  Kota Bima.

Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap keluarga dengan pencegahan penularan TB paru di wilayah kerja Puskesmas Penana’e Kota Bima.

Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan total sampling dan  sampel pada penelitian ini adalah keluarga yang salah satu anggota keluarganya menderita dan pernah menderita tuberculosis paru diwilayah kerja puskesmas penana’e sebanyak 39 orang.

Hasil :  Hasil analisis diketahui bahwa pengetahuan keluarga baik sebesar (76.9%), pencegahan penularan baik (74.3%) dengan p-value = 0,000(p<0,05) dan r= 0,926. Untuk hasil analisis sikap keluarga positif sebesar (92,3%), pencegahan penularan baik (74,3%) dengan p-value = 0,001(p<0,05) dan r = 0,492. Yang berarti Ha di terima.

Kesimpulan : Dapat disimpulkan ada hubungan antara pengetahuan dan sikap keluarga dengan pencegahan penularan penyakit tuberculosis di wilayah kerja puskesmas Penana’e Kota Bima. Saran untuk para pembaca tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk penelitian – penelitian selanjutnya.

Published
2020-09-15