Dampak Financial Toxicity Pada penyintas Kanker

Impact of Financial Toxicity on Cancer Survivors

  • Maelani susilowat Universitas Indonesia
  • Yati Afiyanti Universitas Indonesia
Keywords: penyintas kanker, financial toxicity, dampak

Abstract

Pendahuluan : Kanker merupakan salah satu penyakit yang memerlukan biaya medis yang cukup tinggi dalam perawatan dan pengobatannya sehingga dapat menyebabkan peningkatan tekanan psikososial, menurunnya kualitas dan kuantitas hidup bagi pasien kanker dan keluarga.

Tujuan: systematic review untuk mengidentifikasi dampak dari diagnosis kanker pada penyintas kanker yang berkaitan dengan financial toxicity.

Metode : Pencarian database yang digunakan yaitu ScienceDirect, EBSCO host, ProQuest, dan SpringerLink yang diidentifikasi dan dipublikasi dari tahun 2015-2020.

Hasil : pencarian didapatkan 1.665 artikel, tetapi hanya sepuluh artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil analisis sepuluh artikel didapatkan bahwa pengobatan kanker berdampak pa-da situasi keuangan penderita kanker

Kesimpulan : Penerapan intervensi pada multidisiplin  dapat bekerja secara  efektif , sebagai bagian dari perawatan  kanker standar, sehingga dapat mengurangi dampak dari   financial toxicity di antara penyintas kanker.

 

Published
2020-09-15